3 Cara Pengobatan Penyakit Jantung

Penyakit jantung mempunyai jenis yang bermacam macam. Sehingga untuk mengetahui penyebab dan cara penanganannya anda harus berkunjung ke Klinik atau rumah sakit Jantung. Pengobatan penyakit jantung juga tidak selalu menggunakan metode bedah. Berikut adalah 3 cara penanganan penyakit jantung yang harus anda ketahui.

3 Cara Pengobatan Penyakit Jantung

  1. Perubahan Gaya Hidup

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagi macam hal. Salah satunya adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan makan makanan berkolesterol dan makanan siap saji akan membuat resiko penyakit jantung semakin meningkat. Pola hidup yang tidak sehat ini juga akan membuat penyakit jantung bisa menyerang semakin parah.

Salah satu hal kecil yang harus dirubah mulai dari sekarang adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini akan mencegah anda terserang penyakit jantung sejak dini. Rutin melakukan olahrgara setiap hari, membatasi minum alkohol dan merokok, hingga mengatur pola makan juga akan sangat disarankan.

  1. Obat-obatan

Selain menjaga pola hidup yang sehat, cara lain untuk menurunkan resiko penyakit jantung adalah secara medis di Klinik Jantung. Bantuan obat obatan sesuai dengan petunjuk dokter akan disarankan. Penyakit jantung mempunyai berbagai macam jenisnya, sehingga pengobatannya juga akan berbeda tergantung jenis penyakit jantungnya.

Beberapa jenis obat obatan yang digunakan adalah seperti jenis ACE inhibitor atau Angiotensin II receptor blockers  yang membantu menurunkan tekanan darah. Jenis obat Antikoagulan yang berfungsi untuk untuk mencegah penggumpalan darah.Obat jenis Antiplatelet, yang berguna untuk menghambat produksi tromboksan, dan masih banyak lainnya.

  1. Prosedur Medis

Bila bantuan obat obatan dan pengaturan makanan tidak bisa membantu, maka langkah yang akan dilakukan adalah dengan prosedur medis oleh Klinik Jantung. Penanganan penyakit jantung tidak harus dengan menggunakan metode bedah. Namun ada juga metode lainnya yang bisa digunakan dengan bekas sayatan yang lebih kecil.

Prosedur bedah atau metode lainnya ini akan dipilih sesuai dengan jenis penyakit jantung pasien. Salah satu jenis bedah jantung yang sering dilakukan adalah bypass. Metode ini pada prinsipnya akan melakukan pencangkokan pembuluh darah yang buruk dan diganti dengan pembuluh darah yang masih baik kondisinya.

Selain itu, ada beberapa teknik penanganan penyakit jantung di Klinik Jantung lainnya seperti pemasangan alat pacu jantung, operasi katup jantung, Pemasangan pompa jantung mekanis, Prosedur maze untuk menormalkan detak jantung yang tidak beraturan hingga transplantasi jantung pasien bila kondisi jantung tidak bisa lagi diperbaiki.

Penyakit jantung bisa dicegah sejak dini. Tindakan pencegahan ini tentu akan lebih baik daripada mengobati. Pencegahan yang baik bisa diawali dengan menjaga pola makan dan tetap menerapkan hidup sehat. Selain itu, rutin berolahraga ringan setiap hari akan membantu anda mencegah datangnya penyakit jantung.