4 Keutamaan Membaca Doa Ketika Turun Hujan, Bagus Dijadikan Amalan

Membaca doa ketika hujan merupakan suatu bentuk ibadah yang bagus diamalkan setiap waktu ketika hujan turun, mulai dari hujan gerimis hingga hujan besar sekalipun. Karena dengan membaca doa saat hujan turun, artinya manusia bersyukur atas rahmat yang diberikan dan meminta diberikan keselamatan.

Membaca doa saat hujan turun merupakan salah satu hal yang selalu dilakukan Nabi Muhammad SAW dan diajarkan Beliau. Oleh sebab itu, sebagai umat Nabi Muhammad SAW wajib mengamalkannya juga.

Keutamaan Membaca Doa Ketika Hujan

Membaca doa saat turun hujan bukan hanya bagus untuk orang dewasa, tapi juga baik diajarkan kepada anak-anak. Sebab dapat membantu menghilangkan ketakutan anak terhadap hujan maupun petir. Beberapa keutamaan membaca doa ketika hujan lainnya adalah:

  • Saat Hujan Merupakan Waktu Mustajab Memanjatkan Doa

Dalam buku Rahasia Agar Doa Selalu Dikabulkan Allah yang disusun oleh Fahruddin Ghozy dikatakan bahwa hujan merupakan rahmat Allah SWT sehingga manusia yang berdoa di saat rahmat diturunkan doanya akan dikabulkan Allah.

Ada dua doa yang pasti akan dikabulkan Allah, yaitu saat dikumandangkannya adzan dan ketika diturunkannya hujan. Anda dapat mengajarkan anak untuk berdoa di kala hujan dengan mengatakan bahwa saat tersebut merupakan waktu bagi doa-doa tulus dipanjatkan dan akan dikabulkan Allah SWT.

  • Menghilangkan Rasa Takut

Berdoa ketika hujan juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa takut. Hujan gerimis memang tidak menimbulkan rasa takut, tapi ketika hujan besar turun, rasa takut dirasakan oleh sebagian besar orang, terutama anak-anak. Hal ini tentu tidak bisa terus dibiarkan. Karena hujan merupakan fenomena alam yang pasti terjadi.

Ajarkan anak membaca doa saat hujan turun untuk mengusir rasa takutnya kepada hujan maupun petir dan halilintar yang terjadi. Sebab jika dibiarkan saja rasa takut ini mungkin akan mempengaruhinya sampai dewasa nanti.

  • Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Dengan berdoa saat hujan turun, artinya Anda bersyukur atas limpahan rahmat dari Allah SWT. Hujan diturunkan memang sebagai nikmat Allah yang nyata, terutama untuk memberikan kebutuhan air kepada manusia dan makhluk hidup lainnya.

Saat hujan mulai turun, ajarkanlah anak doa-doa yang berisi rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Allah atas semua rahmat yang telah diberikan. Bersyukur atas rahmat dan nikmat yang diberikan membuat manusia tidak kufur terhadap nikmat-Nya.

  • Menghindarkan dari Musibah Saat Hujan Turun

Terkadang, hujan yang turun dengan lebat bisa mendatangkan musibah, seperti longsor, banjir, dan sebagainya. Oleh sebab itu, ketika hujan lebat turun doa yang dipanjatkan adalah berisi permohonan agar hujan yang turun tidak merusak atau mendatangkan musibah kepada umat. Doa ini agar menyelamatkan diri dan umat muslim lainnya dari bencana yang mungkin akan didatangkan saat hujan.

Memanjatkan doa ketika hujan memiliki banyak keutamaan. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Anda mengajarkan kepada anak sejak dini. Untuk informasi mengenai berbagai artikel parenting Islami Anda bisa mengunjungi laman Orami.co.id.