5 Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Print Kaos DTG Yang Penting Diketahui

Tata cara sablon untuk teknik manual bisanya alat yang dipergunakan adalah screen, kemudian ada frame, lalu selanjutnya emulsi film dan lainnya. Cara semacam ini banyak dipakai mulai dari sablon yang memakai bahan kertas sampai dengan bahan kaos. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman maka teknik sablon yang dipergunakan pun juga berubah. Hingga kini banyak dipakai teknik print kaos DTG dengan penggunaan alat serta bahan seperti berikut:

1. Mesin Pencetak digital

Peralatan pertama yang perlu dipersiapkan ketika memakai teknik cetak digital adalah mesin untuk pencetak itu sendiri. Sistem kerja yang dimiliki oleh mesin ini tidak jauh berbeda dari mesin printer untuk mencetak beragam hal sebagaimana rancangan yang telah tertera di komputer. Umumnya dalam menjalankan proses ini akan ditunjang dengan sebuah perangkat lunak, baik yang berasal dari bawaan mesin ataupun perangkat lainnya.

2. Alat Untuk Mengeringkan Sablon

Sesudah print kaos digital dilakukan, maka dibutuhkan sebuah alat guna mengeringkannya. Sebenarnya tahap pengeringan ini bisa dijalankan dengan cara manual, namun kemungkinan resiko yang dihadirkan cukup tinggi yaitu bisa merusak hasil desain. 

Untuk lebih amannya dipergunakan alat sejenis Blower ataupun Heat Gun guna membantu proses ini. Apabila hasil sablonan telah kering, maka kaos sudah bisa dikemas lalu kemudian dikirim.

3. Kompresor

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk jenis sablon digital yaitu kompresor. Alat ini biasanya dipakai ketika kaos sudah memasuki masa cetak. Dimana kaos yang berwarna polos dan telah keluar dari mesin nantinya akan diberikan semprotan sebuah cairan yang bernama epoxy. 

Adapun kegunaan dari cairan tersebut yaitu supaya serat yang terdapat pada kaos menjadi lebih rapat. Jika serat sudah rapat maka tahap percetakan bisa berlangsung dengan lancar.

4. Kertas Telepon

Fungsi digunakannya bahan ini dalam proses print kaos digital yakni sebagai pelindung dari permukaan kaos. Alasannya supaya kaos tidak terkena suhu yang terlalu panas ketika masuk dalam mesin press. Apabila tidak mempergunakan bahan berupa kertas telfon ini, kemungkinan akan terjadi kerusakan pada bagian desain yang telah dicetak serta juga pada sisi permukaan kaos.

5. Komputer

Mengingat teknik yang dipakai dalam proses sablon kali ini yaitu digital. Maka penggunaan akan komputer memang cukup dibutuhkan untuk berbagai macam fungsi. Diantaranya meliputi proses merancang desain sampai dengan tahap percetakan.

Pengusaha bisa memakai komputer dalam bentuk desktop  ataupun laptop untuk membantu menjalankan sejumlah proses ini. Dimana pengusaha bisa memilih komputer yang sesuai kebutuhan serta mampu menjalankan aplikasi cetak maupun desain.

Demikian ulasan mengenai 5 alat serta bahan yang dibutuhkan dalam proses print kaos DTG yang perlu diketahui. Pembahasan di atas bisa menjadi referensi pengetahuan bagi orang yang ingin membuka usaha dalam bidang sablon terutama berbahan kaos. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh teknik sablon digital ini adalah hasilnya tergolong lebih bagus jika dibandingkan dengan pemakaian teknik manual.