6 Jenis Burung Yang Rajin Bunyi Dan Gampang Dilatihnya

Burung merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara masyarakat di Indonesia. Selain harganya yang murah dan perawatannya yang mudah, burung juga menjadi salah satu hewan yang bisa menghilangkan stress kita.

Dari sekian banyak jenis burung, kebanyakan orang memiliki burung dengan kicauan yang unik dan indah. Semakin indah nyanyian burung, semakin mahal harganya.

Jika Anda memiliki burung, Anda harus melatihnya untuk memiliki suara yang indah. Sebenarnya, ada banyak cara untuk melatih burung Anda berkicau dengan indah.

Beberapa burung tidak terlahir berbakat dan sulit dilatih untuk membuat nyanyiannya indah.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada Anda panduan perawatan burung pemula yang memiliki suara indah. Ini adalah rekomendasi yang kami terima dari sumber terpercaya seperti pengicau.net.

Jika penasaran, berikut ini beberapa jenis burung yang aktif di pagi hari dan bisa dilatih dengan mudah.

Jenis Burung Yang Rajin Berkicau

Burung yang sering berkicau dengan suara yang indah tidak hanya burung besar, seperti kakatua. Namun, banyak burung yang lebih kecil memiliki suara yang nyaring dan indah dengan nada yang lebih indah.

Kira-kira apa burung yang paling gampang mengeluarkan suara? Ini daftar 6 burung paling banyak berkicau di dunia.

1. Jalak Suren

Salah satu jenis burung yang rajin berkicau dan dilatih adalah Jalak Suren. Memiliki nama latin Sturnus contra yang termasuk dalam famili Sturnidae yang endemik di Asia.

Meskipun burung ini endemik di Indonesia, namun dapat ditemukan di banyak negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Brunei, dan Kamboja.

Burung ini tidak terlalu besar, panjangnya sekitar 24 cm dengan bulu berwarna hitam putih. Anda dapat menemukan fitur lain seperti mata cockatiel, yang berwarna biru.

Paruhnya juga terlihat sangat cantik dengan warna merah yang memiliki motif bunga.

Peminat burung ini cukup banyak, meski harganya tidak terlalu mahal. Ini karena masih banyak di alam liar, sehingga mudah ditemukan.

Harga rata-rata burung Jalak Suren yang baru ditemukan dari hutan sekitar 300 ribu rupiah. Namun, jika burung tersebut sudah terbiasa berkicau, harganya bisa mencapai di atas satu juta rupiah.

2. Ciblek

Ciblek adalah burung yang sangat berisik. Dikenal sebagai burung pipit jawa, burung ini memiliki sebaran endemik di Jawa, Sumatera, dan Bali. Baik jantan maupun betina dapat dilihat dari ciri fisiknya dari warna tubuh bagian bawah.

Remaja jantan memiliki tenggorokan yang benar-benar hitam dan mata merah ketika menjadi dewasa. Selain itu, Anda dapat membedakan antara pria dan wanita dari suaranya.

Burung cuckoo jantan memiliki panggilan yang bervariasi, namun burung cuckoo betina memiliki panggilan yang lebih monoton.

Burung ini terkenal dengan nyanyiannya yang indah, yang membuatnya mendapat tempat di banyak kompetisi nyanyian burung.

Dilihat dari tubuhnya, jangkrik adalah burung kecil. Siapa sangka suaranya bisa membuat telinga kita bergetar dengan vokalnya yang kasar?

Ciblek adalah burung langka, hanya hidup di alam liar. Sangat sulit untuk menemukannya, sehingga burung ini hampir punah. Namun, para penggemarnya sudah mulai membiakkannya untuk melestarikan spesies dan ekosistem alamnya.

Kalau ada yang jual cicak, harganya sekitar 30 ribu sampai 700 ribu, tergantung bagaimana cicak bisa bernyanyi dengan indah.

3. Burung lovebird

Siapa yang tidak mengenal burung kecil dengan nama besar? Sekilas terlihat seperti burung gereja, namun burung ini memiliki tubuh yang lebih kecil.

Lovebird adalah sejenis burung beo yang berbicara sangat mudah dan dapat dengan mudah dilatih. Banyak toko burung beo mencoba menarik pelanggan dengan menggunakannya. Faktanya, mereka adalah salah satu hewan peliharaan yang paling mudah untuk dimiliki.

Lovebird bukan asli Asia, tetapi diimpor dari Afrika. Secara khusus, Lovebird berasal dari Madagaskar.

Meski begitu, banyak orang yang menyukai lovebird telah memelihara burung ini sebagai hewan peliharaan di Indonesia. Jika Anda pergi ke Afrika, Anda akan menemukan burung ini di daerah pegunungan, hutan, dan tempat-tempat yang memiliki sumber air alami.

Lagu unik ini mudah dilatih dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung untuk memiliki salah satunya. Selain itu, harganya yang mahal membuatnya sangat menarik untuk diternakkan.

Bagi sebagian orang di bidang ini, ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Lovebird sendiri harganya mulai dari 200 ribu rupiah hingga satu juta rupiah.

4. Kacer

Selain ketiga burung di atas, burung paling berisik berikutnya adalah Kacer. Kemampuannya untuk berkicau dengan keras dan peniruan suara yang cerdas di lingkungannya membuatnya berbeda dari burung lain dan hewan peliharaan yang menarik yang dapat Anda pelihara.

Burung Kacamata memiliki habitat di daerah panas Afrika, Jawa, dan Kalimantan di Indonesia.

Berkurangnya populasi burung puyuh di alam liar menyebabkan masalah besar bagi industri burung. Ini karena sudah terlalu banyak burung yang dijual di Indonesia.

Namun demikian, semua orang telah berusaha untuk membudidayakan pohon kacang-aceh agar dapat bertahan dan menjadi warisan bagi anak-anak kita.

Karena burung ini sudah sulit ditemukan di alam liar, harga kacamata penangkaran tinggi.

Jika ingin membelinya, Anda harus membayar sekitar 250 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah. Tergantung kondisi, ukuran, dan juga suaranya yang indah.

5. Kenari

Burung berisik berikutnya adalah kenari. Burung ini termasuk dalam kelompok kecil burung dengan panjang 8 cm dan tinggi hanya 10 cm.

Burung ini sangat berisik. Oleh karena itu, memberikan alternatif bagi para pecinta burung untuk memeliharanya.

Melatih finch untuk menjadi finch aduan membutuhkan banyak kesabaran. Dengan tingginya permintaan burung kutilang aduan, beberapa penghobi bahkan beternak burung kutilang untuk keperluan bisnis.

Harga burung kasuari bisa dijual mulai dari Rp 200.000 atau Rp 1 juta.

6. Pleci

Burung terakhir adalah cuckoo yang lebih rendah. Ini memiliki panggilan unik, yang membuatnya mudah untuk diidentifikasi. Memiliki warna yang unik sehingga mudah dilihat.

Warna kuning-hijau pada bulunya istimewa, bersama dengan lumut hijau dan bintik-bintik hitam. Saat ini burung plec cukup populer di seluruh Indonesia, bahkan ada beberapa kontes untuk jenis burung ini.

Sama seperti burung lainnya, tidak mudah memelihara burung kenari dan membuat kicauannya jernih. Namun, dengan usaha dan kesabaran Anda bisa membuatnya menjadi burung dengan kicauan terindah.

Harga plecis sangat murah, bahkan Anda bisa mendapatkan plecis dengan kisaran Rp 20.000 hingga yang paling mahal sekitar Rp 200.000. Namun, jika plecis ini memenangkan kontes, harganya bisa 10 kali lipat dari Rp 90.000 hingga puluhan juta.

Berikut beberapa rekomendasi jenis burung yang mudah dipelihara. Burung-burung di atas, sebaliknya, lebih mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan tambahan yang akan membuat dompet Anda mengerut.