7 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memberikan Makanan Kucing

 

 

Jika Anda sudah berniat untuk memelihara kucing maka harus merawatnya dengan benar. Salah satunya hal yang harus diperhatikan dalam memelihara kucing salah satunya adalah dalam memberi makan. Sebelum memberi makanan kucing, Anda harus tahu apa saja yang harus diperhatikan.

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Memberikan Makanan Kucing

Kebetulan sekali, pada artikel ini kita akan membahas apa saja yang harus diperhatikan sebelum memberikan makanan kucing agar tepat. Inilah yang harus kamu perhatikan;

1. Lihat Kandungan Gizi yang Ada Pada Kemasan

Sebelum memberikan makanan untuk kucing, pastikan Anda telah melihat kandungan gizi yang ada di kemasan. Pastikan nutrisi yang ada di dalam makanan itu kompleks. Ya, kucing memerlukan protein hewani, lemak hewani, dan juga mikro nutrisi lainnya.

Pastikan komposisi makanan ini 95% mengandung bahan utama. Misalnya makanan untuk kucing dengan bahan dasar tuna maka tuna itulah yang harusnya mendominasi. Bukan hanya rasa tuna melainkan mengandung 95% tuna.

2. Berikan Makanan Sesuai dengan Kondisi Kesehatan Kucing

Pastikan Anda juga memberikan makanan sesuai dengan kondisi kesehatan kucing. Tak semua kucing dalam kondisi sehat selamanya. Terkadang kucing juga mengalami gangguan kesehatan.

Misalnya ketika kucing mengalami penyakit ginjal maka makanan harus lebih rendah protein. Ketika kucing sedang diare atau muntah-muntah maka makanan yang diberikan harus bertekstur halus.

3. Pastikan Lokasi Penyimpanan yang Aman dan Terawat

Selanjutnya pastikan makanan untuk kucing Anda disimpan pada lokasi dan suhu yang tepat. Pastikan makanan untuk kucing ini disimpan dalam ruangan yang bersih dan dalam kondisi tertutup.

Untuk makanan kaleng sebaiknya habis dalam satu hari atau diawetkan dalam almari pendingin.

4. Pastikan Makanan Sesuai dengan Rasnya

Dalam memilih makanan, Anda juga harus memperhatikan rasnya. Makanan untuk kucing rumahan biasanya adalah makanan kering dan makanan basah. Namun, untuk kucing ras hutan ada baiknya diberikan makanan mentah sesuai dengan habitatnya.

5. Sesuaikan Makanan dengan Usia Kucing

Untuk memilih makanan, Anda juga harus menyesuaikan dengan usianya. Jika usia kucing masih kecil maka makanan yang dianjurkan adalah makanan basah. Selain itu, kandungan kalsiumnya sebaiknya lebih tinggi.

Kemudian, untuk kucing yang sudah beranjak dewasa hingga dewasa sebaiknya diberikan makanan kering. Makanan kering dapat menstimulasi giginya yang didesain bukan untuk makanan halus.

6. Pastikan Wadah Makan Kucing dalam Keadaan Bersih

Dalam memberikan makanan kepada kucing, Anda juga harus memperhatikan kebersihan wadah pakannya. Pastikan Anda telah mencuci bersih wadahnya agar tidak ada bakteri, kuman, maupun virus yang menempel di sana.

Kebanyakan orang menganggap itu hanya kucing padahal ini penting sekali. Kebanyakan kucing yang mengalami masalah pencernaan berawal dati tempat makan yang tak selalu dibersihkan.

7. Jangan Lupa Sediakan Air Minum di Samping Makanannya

Terakhir, jangan lupa untuk menyediakan air minum di samping makanannya. Apalagi jika makanan yang Anda berikan adalah makanan kering.

Makanan kering yang tidak disertai dengan minum yang cukup dapat membuat kucing sembelit. Jadi, jangan lupa memperhatikan hal kecil satu ini ya…

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan makanan kucing. Sebagus apa pun nutrisi dalam makanan tersebut jika tidak sesuai dan tidak benar dalam memberikannya maka tidak akan berefek baik. Semoga informasi di atas dapat menjadi perhatian bagi Anda para pencinta hewan berbulu satu ini.