Bagaimana Cara Membangun Rumah Secara Bertahap

 

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah tinggal yang sesuai dengan impian Anda, lakukan desain bangunan terlebih dahulu agar hasil pembangunan dan harga pembangunan yang dibutuhkan relevan.

Hari Pertama mulai, kita siapin bedeng pekerja dahulu, sepakati gaji kontraktor bangunan yang anda sewa terutama kalau rumah tukang nya jauh dari lokasi pembangunan.

Tidak ada teori yang membahas spesifik tentang hal ini sebenarnya, tetapi saya akan jawab secara general berdasarkan pengalaman dalam perencanaan pembangunan.

Mempelajari denah dari lahan / tanah yang direncanakan untuk dibangun, termasuk ukuran, kontur, bangunan yang telah ada di sekitarnya, dan lingkungan tanah tersebut berada.

Mempelajari aturan – aturan yang berlaku dalam pembangunan rumah di wilayah tersebut, tiap daerah memiliki Perda khusus untuk itu yang mungkin berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain karena itu adalah bagian dari rencana tata kota / wilayah.

Terutama KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KLB (Koefisien Luas Bangunan), aturan – aturan ini dapat diperoleh dari Dinas Tata Kota di tiap daerah, ketetapan ini akan berkaitan dengan pengurusan IMB dan ijin – ijin terkait.

Ijin dari masyarakat setempat dibutuhkan untuk memperoleh IMB dan ijin terkait lainnya.

Merencanakan design dan fungsi ruang, lay out yang diinginkan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Perencanaan bisa dilakukan oleh arsitek, atau sendiri jika anda mengerti tentang tata ruang dan interior / eksterior bangunan.

Menentukan design bangunan yang diinginkan, hal ini sesuai dengan selera. Design akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dari bangunan rumah itu sendiri, maka design harus diperhatikan dengan baik sebelum implementasi pembangunan.

Memperhatikan tingkat keamanan dari bangunan yang direncanakan, hal ini sering kali luput dari perhatian masyarakat pada umumnya, orang Indonesia biasanya tidak terlalu mempedulikan standar keamanan bangunan yang direncanakan.

Padahal ini sangat berpengaruh terhadap umur dan ketahanan bangunan, yang secara langsung terkait juga dengan nilai investasi yang dikeluarkan untuk bangunan tersebut.

Melakukan pra desain perancanaan bangunan di atas kertas untuk sket denah bangunan termasuk rencana anggara biaya rencana pembangunan, selain itu sertakan pula kebutuhan material dan jumlah material yang akan digunakan pada saat pembangunan.

Perencanaan bangunan biasanya akan di kerjakan oleh tim atau orang yeng berpengalaman di bidangnya, selain itu juga diperlukan pengalaman dan jam terbang yang cukup untuk menghasilkan perencanaan yang akurat.

Pemilihan material bangunan yang akan digunakan dan kualitas material, pemilihan jenis material yang tepat akan menentukan hasil akhir dan keindahan bangunan yang akan anda bangun.

Perubahan keputusan material juga berpengaruh terhadap lama pembangunan, karena jika satu material berubah dalam proses, itu berpotensi mempengaruhi perubahan pada material lain di bagian lain, dan efeknya cenderung berantai, ini seringkali terjadi dalam pembangunan.

Memutuskan siapa yang akan membangun rumah, apakah kontraktor, tukang, siapapun yang dipercaya kompeten dalam pembangunan tersebut.

Merencanakan jadwal pembangunan, dan sesuai dengan ‘jadwal pengeluaran’ uang sesuai dengan progres pembangunan tersebut.

Ini adalah hal terpenting yang harus direncanakan matang, pengeluaran dalam proses pembangunan rumah atau bangunan apapun tidak kecil, dan keterhambatan dalam proses keuangan akan berpotensi terjadinya pembangunan terhenti di tengah jalan, dan kerugian lebih besar jika itu terjadi.

Pengawasan dalam pembangunan adalah salah satu faktor utama yang penting dilakukan, sebaik apapun rencana, tanpa pengawasan yang baik akan tetap sangat berpotensi mengalami deviasi.

Maka jika anda merencanakan pembangunan rumah, untuk hasil yang baik anda juga harus mampu meluangkan waktu untuk melakukan pengawasan terhadap implementasi rencana itu dalam proses pembangunan.

Yang perlu diingat dalam pembangunan adalah, perbaikan bangunan yang sudah jadi akan jauh lebih sulit daripada membuat konsep itu sendiri, maka dalam perencanaan semua harus dipersiapkan terperinci dan berdasarkan pertimbangan yang matang yang mencakup tingkat kesulitan teknis, termasuk kemampuan dana yang dimiliki.

Tiap faktor akan saling terkait satu sama lain, maka semua harus diperhitungkan dengan sangat matang sebelum memulai perencanaan dan pembangunan.

Sumber : jasa renovasi rumah medan