Batal! Futsal Putri Indonesia Gagal Tampil Di Panggung Asia

Satu kembali jadwal tim nasional futsal putri Indonesia yang perlu gagal karena ada wabah Covid 19. Asian Football Confederation (AFC) pada akhirnya sah menggagalkan kejuaraan futsal putri tingkat Asia yang sebelumnya diperkirakan terlaksana di bulan September 2021 mendatang di Kuwait.

Dengan keputusan itu, tim nasional futsal putri Indonesia harus ikhlas menggugurkan mimpinya untuk tampil di pentas futsal Asia tahun ini. Tim nasional putri Indonesia sendiri sukses menjadi satu diantara peserta AFC Women Futsal Championship 2021 sesudah sukses bisa lolos pada babak group dan finis di rangking ke-5.

Awalnya, tim nasional putri pernah rasakan bertanding di persaingan futsal paling berprestise se-Asia itu di tahun 2018 di Thailand. Saat itu, Srikandi tempat futsal Indonesia sukses meluncur sampai set perempat final. Sayang, cara mereka harus stop saat kalah dengan Vietnam 2-1 di Bangkok Tempat.

Sedih Tentu, Tetapi Bukan Memiliki arti Putus Harapan

Menyikapi penangguhan itu, pelatih kepala untuk semua seksi tim nasional futsal Indonesia, Kensuke Takahashi mengatakan jika dianya memang sedih dan sayangkan keputusan AFC itu.

“Pasti benar-benar sayang. Tim nasional futsal putri kehilangan peluang tanding untuk memperoleh pengalaman yang besar di masa datang. Dengan diurungkannya persaingan ini, kita kehilangan satu sasaran besar untuk beberapa pemain futsal putri. Saya berdoa mudah-mudahan kehidupan yang sehat selekasnya kembali seperti dahulu.” Tutur Ken-san, Panggilan untuk Kensuke Takahashi.

Seirama dengan pernyataan si pelatih, kapten team futsal putri Indonesia, Novita Murni Prianti juga mengutarakan kekesalannya. Tetapi, walau sedih, dianya akui mengerti keputusan yang diambil oleh komite eksekutif AFC.

“Saya dan rekan-rekan satu team memang sedih karena penangguhan itu. Kembali lagi Indonesia kehilangan peluang untuk berprestasi pada tingkat Asia. Tetapi, keputusan itu kemungkinan memang yang terbaik karena sekarang ini, keselamatan dan kesehatan seluruh orang ialah target utama.” Tutur Novita Murni Prianti.

Walau kehilangan peluang untuk bertanding di ajang Asia, tapi Novita dan teman-teman tidak lalu berputus harapan. Dia akui jika semua anggota tim nasional futsal putri masih tetap lakukan latihan teratur untuk jaga kesehatan dan stamina badan walau tidak sedang bergabung bersama.

Untuk mendapatkan update informasi lebih lanjut mengenai futsal, sepakbola, hingga esport bisa kunjungi satuina.com