Cara hemat liburan Ke Karimunjawa Tanpa  Paket Tour

apabila ditanya dimana pantai pada jawa tengah dengan pasir putih dan air jernih, apakah mampu snorkeling? aku hanya punya satu jawaban: karimunjawa!

pulau karimunjawa terletak di kabupaten jepara pada jawa tengah. ini mempunyai tanah yang terpisah sekitar 80 km dari jepara, sebuah kota kurang lebih dua jam berdasarkan semarang. jumlah pulau pada sini tersebar lebih dari 27 pulau dan beberapa pulau menjadi destinasi terkenal dikunjungi wisatawan. pulau yg saat ini sebagai taman nasional dan digandrungi sebagai karibia jawa ini dikenal sebagai salah  satu destinasi nusantara yang menarik wisatawan lokal juga mancanegara. pasir putihnya sangat latif, rona airnya enak dilihat, dan bawah lautnya juga kaya akan spesies.

 jika anda berencana untuk pergi ke karimunjawa dan googling atau mencari hashtag pada media umum, gw bisa meyakinkan anda bahwa anda akan menemukan banyak liputan yg menunjukkan layanan paket wisata.

 ternyata, berwisata ke karimunjawa tidak harus menggunakan wisata. ini pula bisa sebagai gaya backpacker. beberapa saat yg lalu (gw rasa telah usang sekali, gw berkesempatan buat membuatkan pengalaman saya di blog : karimunjawa diberi kesempatan untuk berwisata secara berdikari layaknya seorang backpacker tanpa ikut paket bepergian menggunakan sepeda motor. dari pekalongan. kami berempat berangkat, di mana kami bertemu sahabat-sahabat kami dari nusantara backpacker, yang telah kami janjikan. jadi tujuh. kami berada dalam gerombolan  & mengatur perjalanan kami sendiri. perjalanan tanpa agen perjalanan, selain lebih fleksibel, bebas kemana-mana, jua lebih ekonomis. bepergian kami sahih-sahih bermanfaat, begitu kami sampai di sana, wow, daya tariknya membuat sulit buat melanjutkan!

nah, mungkin kamu berencana buat menikmati estetika pulau ini sehabis pandemi, engkau  bisa simak tipsnya berikut ini. terdapat poly pilihan moda transportasi buat mencapai karimunjawa, & kebanyakan menentukan moda standby, mulai menurut pelabuhan kartini jepara.

anda jua mampu berangkat dari pelabuhan semarang, namun jadwalnya terbatas & nir lengkap dari jepara.

kalau naik kereta, turun pada stasiun semarang, lanjut naik bus jepara lebih kurang 20rb sesuai semarang. anda bisa meminta untuk diturunkan di dekat pelabuhan kartini. diperlukan kurang lebih dua jam dari semarang ke jepara.

 menurut pekalongan, jikalau pengalaman kami naik motor hanya 3-4 jam saja (istirahat nir masuk hitungan), maka aku langsung bergegas ke pelabuhan, sampai di sana pagi-pagi sekali, kalem, ngopi, kemudian antri. beli tiket kapal ekonomi murah.

 kunjungi pelabuhan pada pukul 2 pagi! ya. dan dia mulai bertemu dengan kelompok rakyat yg selalu mengantri.

 apa yang perlu anda ketahui sebelum bepergian ke karimunjawa tanpa tur

1. wajib mengerti jadwal keberangkatan kapal

 lakukan riset sebelum anda bepergian. aku menemukan beberapa turis yg wajib  menginap pada jepara lantaran tidak mengerti jadwal embarkasi. jika anda meninggalkan semarang (pelabuhan tanjung mas), ia tiba di semarang hanya seminggu sekali, yaitu hari jumat jam 8 pagi & karimunjawa – jam 11 pagi pada hari minggu.

tarif kelas ekonomi siginjai buat kmp berkisar antara 78rb hingga 95rb dengan waktu tempuh 4 jam. kami pernah berada di kapal ini. lantaran kami membawa sepeda motor & membawanya dengan feri, dikenakan biaya  tambahan sebanyak 75 ribu per sepeda motor.

 bila naik kmc express bahari ke karimunjawa, tarifnya lebih kurang rp 162.000 buat kelas eksekutif dan rp 192.000 buat kelas vip. memang lebih mahal, akan tetapi tentu saja lebih cepat.

2. harus cek cuaca sebelum pulang, jangan keliru pilih ketika.

 pesona cemara kecil

 jangan lupa untuk selalu cek website bmkg. terkadang ombak besar  untuk syarat cuaca spesifik. kemudian kami tiba pada bulan juli dan itu cukup lancar.

 waktu terbaik buat karimunjawa? jika anda dapat menghindari desember, januari atau februari. umumnya ombak lebih akbar dalam bulan-bulan tadi. banyak yg merekomendasikan april-juni.

3. akomodasi

 ada poly jenis akomodasi di luar sana. & tentu saja variabel harga. pengalaman kami menginap di homestay asia jaya. hanya 90k per malam murah.

menghadiri s. island hopping merupakan suatu keharusan!

nah, walaupun judulnya backpacking, paket karimunjawa tanpa menjelajah rasanya belum lengkap. memang, ini merupakan pengobatan paling populer untuk perjalanan ke karimunjawa.

 kami sempat ngobrol dengan pemilik keluarga kemarin, tarif wisata lautnya 175 ribu per orang & fasilitasnya lengkap. sepanjang hari sampai sore hari keliling pulau, persewaan indera-alat snorkeling bahkan barbeque. misalnya, fasilitas buat mengikuti tur hampir sama. setimpal!

 lantaran kami membawa sepeda motor yang kami bawa seluruh, jadi kami hanya perlu mengisi bahan bakar. jika mau sewa motor sekitar 75.000 per hari.

 ingat membawa tabir matahari . apakah ada listrik? bos besar  . atm? pada sana. setahu penulis ada atm bri. sinyal? waktu itu, provider saya baik-baik saja.

 &. kondisi jalan di karimunjawa

 jalan menuju karimunjaa mulus. aspal. tersedia pula buat kebutuhan wisatawan yg ingin mencari kebutuhan sehari-hari. orang-orangnya jua sangat ramah.

 objek wisata karimun jawa yang mampu anda rasakan dalam nemo karimunjawa. yang mana yang niscaya lucu. tempat yg kami kunjungi selama 4 hari 3 malam kira-kira menjadi berikut:

pulau little menjangansnorkelingpohon cemara kecilmatahari terbenam pada tanjung gelampantai anoracinta bukit mangrovemakanan masakan dalam karimunjawa squarelihat pembuatan kapal beserta orangtur sepeda motor menjelajahi pulau4. asumsi porto  buat backpacking ke karimunjawa

 dalam bawah ini kira-kira rincian asumsi anggaran yg saya keluarkan untuk bepergian 4 hari 3 malam.

 tiket ferry ke siginjai pp (*) 200k

 tur laut satu hari 175k famili tiga malam 150kbukit love 20k masakan 3 hari x 40k 120k

 mesin feri 75k bensin pp 100k

 ————————————————– ————– – +

  1. 840.000

jadi misalnya jika anda bertempat tinggal dalam jakarta & naik kereta api, anda hanya perlu memperkirakan anggaran buat kereta barah ke semarang.

karena kami nir ingin mengantri waktu itu, antriannya sangat penuh lantaran masih pagi, jadi kami meminta pria yang menunggu pada sana buat membeli tiket perjalanan. kami memberi 100.000 satu cara.

budget ini tentu tidak absolut bagi setiap traveler. pengeluaran aku nisbi rendah karena aku mengendarai sepeda motor. tergantung berdasarkan mana anda memulai, jenis akomodasi & transportasinya sama tergantung rombongan. buat pulau jawa, gw sepakat, karimunjawa memang keliru satu yang terbaik.

nah, ini yang mampu gw bagikan. semoga berguna bagi anda yang berencana ke karimunjawa sesudah buka. apalagi bagi yg ingin backpacking pertama kali tanpa ikut paket wisata. selesainya new normal & pandemi berakhir, kuy gasss karimunjawa!