Cara Memasukkan Produk ke Supermarket

Penjualan suatu produk pada minimarket memang terbilang cukup menggiurkan. Kesempatan seperti ini, tentunya tidak boleh dilewatkan oleh para pengusaha baru. Namun, jarang orang yang mengetahui bagaimana cara memasukkan produk ke supermarket, padahal sangat mudah.

Walaupun produk yang ditawarkan minim diketahui konsumen, apa salahnya mencoba untuk menjual produk tersebut di supermarket. Asalkan produk tersebut memenuhi berbagai persyaratan yang diminta.

Baca juga : Rincian Modal Usaha Minimarket Mandiri (Panduan Lengkap)

Berikut cara memasukkan produk di supermarket beserta persyaratannya:

Perhatikan Dulu Persyaratannya

Sebelum mengetahui cara memasukkan produk ke supermarket, alangkah baiknya untuk memperhatikan persyaratan yang ditetapkan. Meskipun setiap supermarket memiliki syarat tersendiri, namun terdapat persyaratan yang bersifat menyeluruh, diantaranya:

  • Bawa dokumen pribadi. Ketika akan mengajukan permohonan, biasanya akan diminta membawa beberapa dokumen pribadi yang dimiliki. Seperti kartu identitas diri, buku tabungan hingga surat keterangan dari dinas kesehatan maupun sertifikasi halal dari MUI. Dokumen ini bersifat wajib diserahkan oleh pengusaha kepada pihak supermarket tanpa terkecuali. Untuk mengajukan diri sebagai penyuplai, isi beberapa dokumen yang diminta oleh pihak supermarket.

  • Lakukan klasifikasi produk. Beberapa produk yang diterima pada supermarket tentu harus melewati tahap klasifikasi dahulu. Setiap supermarket memiliki penilaian masing-masing terhadap kriteria produk yang akan dipajang. Adapun kriteria klasifikasi dapat dilihat dari target penjualan, kualitas dan keamanan produk.

Cara Menjadi Pemasok Produk

Cara memasukkan produk ke supermarket sebenarnya cukup mudah dilakukan. Pemohon hanya perlu melengkapi beberapa dokumen yang diminta oleh pihak supermarket. Kemudian, akan diminta untuk melakukan hal berikut:

  • Membawa dokumen dan surat permohonan yang diminta oleh pihak supermarket.

  • Apabila pemohon diterima sebagai pemasok, akan diberikan purchase order oleh pihak supermarket.

  • Lalu pemohon akan diberikan jumlah produk yang harus dipasok untuk kebutuhan supermarket.

  • Kemudian menyepakati bersama mengenai jangka waktu pembayaran dan juga metode pembayaran yang dipilih.

  • Listing fee akan diberikan pada pemasok. Para pemasok harus membayar sesuai ketentuan yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Nomor registrasi produk akan diberikan saat pembayaran listing fee pertama kalinya.

Cara memasukkan produk ke supermarket di atas sebenarnya sangat simpel untuk dilakukan. Asalkan dokumen yang dibawa lengkap dan produk yang ditawarkan tidak membahayakan sekitar. Sekian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

Temukan artikel menarik lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com