Cara Membuat Website dari Nol Untuk Pemula

Membuat website bagi pemula tentu bukanlah perkara yang mudah, meskipun demikian pemula juga bisa menggunakan maknative untuk mengetahui beberapa hal tentang website. Namun sudah tahukah anda bahwa cara membuat website dari nol untuk pemula bisa diterapkan secara sederhana. Anda hanya perlu ketelatenan dan cukup banyak waktu untuk menerapkannya. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Cara Membuat Website dari Nol Untuk Pemula

1. Menentukan Tipe Website

Jenis dan ide website harus ditentukan sejak awal. Anda bisa mencari inspirasi melalui internet dalam menentukan jenis web yang ingin anda buat. Poin ini akan membantu anda dalam melakukan langkah selanjutnya, misalnya untuk memilih platform website dan nama domain yang tepat.

2. Memilih Web Hosting

Jika anda sudah yakin dengan jenis web yang anda pilih, berikutnya anda perlu memilih web hosting. Yang dimaksud dengan web hosting yaitu tempat penyimpanan data website adna secara online.

Dalam memilihnya, anda perlu memakai layanan yang terpercaya. Hal ini karena akan berpengaruh dengan performa web yang anda buat. Terdapat beberapa opsi web hosting yang bisa anda pilih misalnya cloud hosting, shared hosting serta VPS hosting.

3. Menemukan Nama Domain

Cara membuat website selanjutnya yakni menemukan nama domain. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan unik, sebab domain merupakan alamat yang dipakai untuk laman anda.

4. Memilih Platform

Terdapat 3 pilihan yang dapat anda gunakan dalam membuat web. Dengan pilihan ini nantinya anda dapat menentukan ingin melakukan langkah seperti apa. Tiga opsi platform umum untuk membuat website yaitu :

  • Website CMS, bisa anda pilih jika anda ingin membuat laman web gratis. Anda dapat memakai CMS (sistem manajemen konten) seperti WordPress yang juga memiliki tampilan user friendly.
  • Website Builder, disarankan bagi anda yang masih awam. Platform ini juga memungkinkan anda untuk membuat web tanpa coding.
  • Dengan coding, disarankan bagi anda yang sudah menjadi pengembang web. Platform ini pastinya tidak akan membuat anda merasa sulit. Selain itu, dengan coding anda dapat menambahkan berbagai fitur menarik untuk mengembangkan web.

Demikian cara membua website dari nol untuk pemula yang dapat anda terapkan dengan mudah. Pastikan anda telaten dan tidak menyerah di tengah jalan, sebab dalam membuat website yang mampu berkembang memang diperlukan waktu cukup lama. Untuk mempermudah dalam pembuatan website bisa menggunakan jasa pembuatan website yang terpercaya dan profesional.