Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri dengan Mudah

 

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sering melakukan Impor atau Ekspor, perlu memahami prosedur dan cara mengirim barang ke luar negeri. Hal ini penting diketahui mengingat ada banyak ketentuan dalam prosesnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Beberapa Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri dengan Mudah

Dalam proses pengiriman barang khususnya ke luar negeri memang memiliki berbagai ketentuan tertentu. Hal itu perlu Anda pahami meskipun sedikit merepotkan dan lumayan rumit. Berikut beberapa prosedur pengiriman barang yang harus diketahui.

1. Cek Harga Pengiriman

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek harga pengiriman. Ada banyak cara untuk mengetahuinya terutama menggunakan Website penyedia jasa. Harga akan ditentukan oleh beberapa hal. Mulai dari berat beban, volume hingga kapasitas lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda belum menimbang beban paket maka segera hitungan terlebih dahulu. Tujuannya untuk bisa mengetahui estimasi biaya pengiriman. Perihal harga ada kemungkinan berbeda di setiap ekspedisi, jadi pilihlah secara bijak.

2. Packing Barang

Langkah selanjutnya adalah Packing barang. Dalam tahap ini Anda harus menyiapkan beberapa alat agar paket bisa dikemas dengan aman dan rapi. Pertama gunakanlah bubble warp sebagi pelindung. Kemudian tambahkan kardus atau Box sesuai ukuran paket.

Pastikan bahwa Anda telah mengemas barang dengan baik dan benar. Apabila paket berisikan perangkat elektrik, lindungi sebaik mungkin terutama guna meredam benturan. Jika ukurannya cukup besar, maka disarankan agar menggunakan peti kayu.

3. Siapkan Invoice

Setelah Anda melakukan pengecekan barang dan mengemasnya dengan baik dan benar, maka selanjutnya menyiapkan invoice. Hal ini akan sangat penting mengingat biaya yang bergantung pada invoice paket. Terlebih untuk negara tujuan yang punya ketentuan sendiri.

Pada tahap ini sangat disarankan agar Anda benar-benar memberikan informasi perihal paket secara valid. Terlebih mengenai harga atau biaya keseluruhannya. Tujuannya adalah menghindari terjadinya masalah dengan pengurus bea cukai.

4. Tambahkan Layanan Asuransi

Cara mengirim barang ke luar negeri berikutnya adalah menambahkan layanan asuransi. Tentu hal ini menjadi sangat penting guna meminimalisir risiko jika terjadi sesuatu pada paket. Apalagi jika barang tersebut bernilai cukup tinggi serta bersifat mahal.

Dengan menggunakan layanan asuransi tentu akan meningkatkan keamanan barang selama proses pengiriman. Kalaupun nantinya terjadi suatu masalah, maka pihak asuransi akan menggantinya. Jadi, Anda tak perlu mengkhawatirkan perihal keamanannya.

5. Dokumentasikan Paket

Salah satu tahap yang sering diabaikan begitu saja oleh pengirim adalah mendokumentasikan paket sebelum dikirim. Tujuannya adalah sebagai bukti kondisi awal barang. Dengan begitu, apabila terjadi sesuatu saat perjalanan Anda bisa mengklaimnya dan mengajukan protes.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pengiriman, hal ini juga sangat penting saat barang diterima oleh penerima. Apabila pihak tersebut komplain terhadap kondisi barang, maka Anda bisa mengirim buktinya. Terlebih guna keperluan jual beli atau bisnis lainnya.

6. Lakukan Tracking

Setelah semua prosesnya Anda lakukan dengan baik dan benar dan paket pun dikirim, jangan lupa untuk terus memantaunya. Lakukan tracking guna memastikan keberadaan barang. Hal ini dapat dilakukan melalui Website ekspedisi terkait.

Biasanya, ekspedisi yang kredibel menyediakan fitur tracking untuk memudahkan Anda memantau pengiriman paket. Apabila terjadi keterlambatan yang begitu panjang, segera hubungi customer service. Jangan lupa juga untuk menyimpan kode resi-nya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara mengirim barang ke luar negeri. Langkah alternatif lainnya yang mungkin akan memudahkan semua prosesnya adalah dengan memanfaatkan ekspedisi. Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi situs Kilo.id.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan jasa kirim ekspor ke Malaysia. Anda bisa cek ongkir ke malaysia dan info apapun yang Anda butuhkan melalui website Kilo.id.