Cara Menulis Lagu yang Akan Disukai Orang

Jika Anda bertanya kepada sekelompok calon penulis lagu tentang cara mereka menulis lagu baru, banyak dari mereka pada dasarnya akan mengatakan hal yang sama: “Saya hanya menulis apa yang saya rasakan.”

Sekarang jangan download lagu salah paham, banyak lagu terbaik ditulis dari hati. Tapi bisa ada perbedaan besar dalam cara sebuah lagu ditulis dari hati.

Pilih lagu hit apa pun yang terdengar seolah-olah penulisnya baru saja mencurahkan perasaannya. Saya hampir dapat menjamin bahwa penulis menghabiskan berjam-jam, dan berhari-hari membuatnya terdengar seperti itu.

Penulisan Ulang

Di sinilah penulisan ulang masuk.

Setiap lagu hebat menjadi hebat karena penulisan ulang. Lagu ini masih ditulis dari hati, tetapi juga diberikan perhatian yang layak. Itu mungkin berarti menulis ulang lagu itu lima atau sepuluh kali!

Belum lama ini saya akan marah dan defensif jika penerbit menyarankan saya menulis ulang ayat kedua. Saya akan berpikir, “Beraninya kamu!” atau “Apa yang kamu tahu?” Beruntung bagi saya, saya selalu menyimpan frustrasi saya untuk diri saya sendiri!

Tetapi setelah beberapa hari memikirkannya, saya biasanya setuju dengan saran mereka. Saya kemudian akan menyalurkan energi frustrasi itu untuk menulis ulang ayat kedua. Dan Anda tahu apa?

Lagu itu akan selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya!

Berikan Lagu Anda Perhatian yang Layak

Saya merasa aneh bahwa seorang musisi akan menghabiskan berjam-jam sehari mengasah keterampilannya pada instrumennya (belum lagi uang yang diperoleh dengan susah payah untuk pelajaran), tetapi ketika berbicara tentang penulisan lagu, “Saya hanya menulis apa yang saya rasakan.”

Seolah-olah hal pertama yang keluar dari kepala mereka adalah suci! Tidak masalah jika Anda seorang virtuoso gitar, jika Anda tidak memiliki lagu yang bagus, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa!

Berikan lagu Anda perhatian yang layak. Lagu adalah, dan akan selalu menjadi Raja.

Saya tidak lagi takut menulis ulang. Saya menantikannya. Dan saya tidak menunggu untuk diminta. (Tetapi jika saya diminta, saya dengan senang hati menuruti!)

Menulis ulang sekarang bisnis seperti biasa. Setelah saya menyelesaikan draf pertama, saya menepuk punggung saya. Kemudian saya turun ke bisnis menulis lagu yang sebenarnya. Itu tidak sering berubah menjadi lagu yang sama sekali berbeda, tetapi selalu menjadi lebih baik. Lebih ringkas. lebih keras.

Saya belajar bagaimana menulis lagu yang mengatakan lebih banyak kata-kata. Saya mendorong Anda untuk mencoba melakukan hal yang sama. Ambil satu baris yang memiliki 11 suku kata dan coba ucapkan hal yang sama di 7. Potong pengisi. Simpan hanya kata-kata yang menambah cerita. Dibutuhkan beberapa pekerjaan tetapi hasilnya bisa sepadan dengan usaha.

Anda masih bisa mengatakan “Saya menulis apa yang saya rasakan.” Tetapi Anda juga telah menerapkan beberapa alat penulisan lagu yang hebat.

Saya Richie Gilbert dan saya sangat bersemangat menulis lagu selama bertahun-tahun. Saya juga menghabiskan banyak waktu di studio rekaman rumah saya, dan aktif dalam mempromosikan lagu-lagu saya ke penerbit musik.