Ini Cara Mengetahui dari Fintech Syariah yang Ilegal

Grafik pertumbuhan fintech semakin lama semakin tinggi. Banyak perusahaan startup tentang fintech yang mudah dipakai. Belakangan ini bukan hanya fintech konvensioanl saja yang ramai diperbincangkan namun juga kantor fintech syariah yang mulai bermunculan. Anda dapat membaca berita fintech Indonesia untuk informasi terlengkap dan update.

Ciri-Ciri Fintech Syariah Ilegal

Meskipun banyak fintech syariah yang bermunculan dengan menghadirkan berbagai penawaran menarik, namun hanya beberapa yang terdaftar resmi di OJK. Maka dari itu, pastikan anda mengenali ciri-ciri fintech syariah ilegal untuk menghindari resiko kerugian kedepannya.

1. Persyaratan Registrasi Terlalu Mudah

Perusahaan yang bergerak pada bidang pengelolaan uang umumnya sangat ketat saat melakukan seleksi pada penerima dana atau calon investor. Seleksi tersebut adalah persyaratan dan ketentuan yang perlu anda penuhi. Bagi anda yang ingin registrasi umumnya harus mengisi formulir, mengunggah berkas penunjang diantaranya KTP, foto dll.

Adapun perusahaan fintech syariah yang tidak mempunyai komitmen akan melakukan sebaliknya. Mereka cenderung memudahkan proses pendaftaran agar mempunyai nasabah. Akan tetapi, kemungkinan anda dapat tertekan bunga tidak wajar di kemudian hari.

2. Alamat Perusahaan yang Tidak Jelas

Hal ini bukan hanya berlaku bagi perusahaan fintech syariah saja, namun juga perusahaan lain yang berbasis online. Perusahaan yang mempunyai niat buruk pasti tidak akan menampilkan kantor fintech syariah dengan jelas, nomor kontak pun juga sering berubah-ubah.

3. Spam Situs Website Maupun Aplikasi

Perusahaan fintech syariah abal-abal umumnya tidak mempunyai laman web berkualitas maupun aplikasi yang tersedia di App Store atau Play Store. Mereka umumnya melakukan spam dengan mengirim SMS atau pesan email terkait link aplikasi atau web supaya didownload oleh pengguna.

Pastikan anda mengabaikan pesan yang mengarahkan anda untuk mendownload aplikasi maupun berkunjung ke sebuah link dengan iming-iming profit tinggi yang tidak jelas. Fintech syariah yang legal bisa anda akses dengan mudah melalui App Store maupun Google Play Store sehingga terjamin keamanannya karena sudah diawasi pula oleh OJK.

Itulah ciri-ciri fintech syariah ilegal yang sebaiknya anda ketahui. Saat anda ingin menggunakan layanan fintech pastikan untuk mengetahui kantor fintech syariah dengan jelas serta membandingkan dengan berbagai ciri fintech syariah ilegal di atas agar terhindar dari resiko kerugian di kemudian hari.