Ini dia Kelebihan Sistem Outsource Dalam Perusahaan

Secara umum perusahaan outsourcing adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa dalam menyalurkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Perlu kamu ketahui bahwa dalam pembayaran gaji, para pekerja di bawah perusahaan outsource akan dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa itu sendiri atau perusahaan outsource yang menaungi mereka. Pembayaran akan dilakukan oleh perusahaan pengguna kepada perusahaan outsource yang nanti akan diberikan oleh pegawai mereka. Para perusahaan besar di Indonesia khususnya lebih memilih untuk menyewa perusahaan penyalur tenaga kerja ini dibandingkan melakukan rekrutmen atas nama perusahaan mereka pribadi, hal ini memang proses tersebut memberikan beberapa keuntungan kepada perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan outsourcing tersebut, apa saja keuntungan itu? Berikut poin-poinnya.

1. Menghemat Biaya Rekrutmen Karyawan

Pada saat proses rekrutmen karyawan baru pasti ada dana yang dikeluarkan dalam proses tersebut. Selain itu perusahaan juga harus menyiapkan dana yang digunakan oleh para pelamar yang datang dari luar kota atau memiliki kebutuhan khusus seperti transportasi dan lain sebagainya. Apabila sebuah perusahaan bekerja sama dengan perusahaan outsourcing mereka tidak perlu mengkhawatirkan proses dan dana yang kan dikeluarkan tersebut karena biaya operasional sudah dilakukan oleh perusahaan outsource sehingga mereka hanya meminta kriteria karyawan yang mereka butuhkan kemudian akan dicarikan oleh perusahaan outsourcing tersebut.

2. Menghemat Biaya Pelatihan

Ada beberapa posisi yang biasa di berikan oleh perusahaan outsource seperti call center dan customer service. Pelamar yang mendaftar di perusahaan outsource akan dicarikan pekerjaan oleh mereka sesuai dengan yang dibutuhkan, apabila mereka sudah mendapatkan calon perusahaan yang membutuhkan posisi tersebut perusahaan penyalur jasa akan memberikan pelatihan terkait dengan posisi yang akan diberikan. Dengan begitu otomatis pengguna jasa perusahaan outsource tidak perlu repot untuk memberikan pelatihan kembali walaupun biasanya mereka akan memberikan sedikit penyesuaian. Dengan begitu perusahaan juga bisa menghemat biaya pelatihan yang biasa dikeluarkan.

3. Tidak Perlu Memikirkan Keluar Masuknya Karyawan

Mengingat para karyawan berada di bawah perusahaan outsource tersebut, pihak pengguna jasa sebenarnya tidak perlu untuk memikirkan lika-liku yang biasa terjadi pada karyawan seperti absensi, keluar masuknya karyawan dan lain sebagainya. Namun perusahaan penyalur tenaga kerja juga tetap harus bekerja sama dengan pihak pengguna jasa dalam memberikan fasilitas dan juga kebijakan yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Di sini perusahaan penyewa jasa juga dapat memberikan keinginan dan ekspektasi mereka terhadap karyawan sehingga perusahaan outsource lah yang mengusahakan ekspektasi tersebut.

Adanya perusahaan penyalur tenaga kerja seperti perusahaan outsource tentu sangat menguntungkan pihak pengguna jasa dari berbagai sisi. Hal ini juga secara tidak langsung akan mempermudah para pelamar yang belum memiliki pekerjaan untuk dibantu mencari pekerjaan yang sudah disediakan. Selain itu proses untuk mendaftar ke perusahaan outsource cukup mudah kamu tinggal mendaftar di situs atau website resmi mereka, atau bisa juga menghubungi contact center yang telah di sediakan.