Inilah Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia yang Bisa Jadi Referensi

5 Contoh Cover Letter yang Baik dan Menarik agar Lolos HRD!

Bagi anak muda yang baru lulus di dunia perkuliahan atau bahkan sekolah, sudah saatnya mereka memasuki dunia kerja. Salah satu cara untuk melamar pekerjaan adalah membuat cover letter yang berfokus pada kemampuan dan juga pengetahuanmu pada perusahaan.

Nah pada artikel kali ini, kita akan bahas bagaimana contoh cover letter bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya di bawah ini.

  1.     Contoh Cover Letter untuk fresh graduate

Untuk contoh cover letter pada fresh graduate bisa kamu lihat di bawah ini.

Dengan hormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Berdasarkan informasi lowongan yang saya dapatkan dari portal lowongan kerja, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar di perusahaan Anda dengan posisi Marketing.

Saya adalah lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia tahun 2017. Dengan gelar sebagai S.Ikom, saya yakin bahwa saya cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini. Sebagai mahasiswa, saya telah belajar mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang efektif.

Untuk pengalaman kerja, saya memiliki pengalaman magang di salah satu start-up ternama, Gojek, pada divisi marketing.  Di sana, saya belajar mengenai bagaimana perusahaan menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, bagaimana mencapai demografi target, dan bagaimana menanggapi tuntutan pesaing.

Selain pengalaman magang, saya juga memiliki pengalaman berorganisasi aktif di mana saya menjadi anggota BEM Universitas di divisi Humas. Pengalaman tersebut terbukti membantu saya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Saya juga merupakan pribadi terampil yang memungkinkan saya berbaur dengan budaya kelompok atau tim dan terus berusaha mencapai tujuan bersama di tengah kegagalan dan kemunduran.

Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni: 

  • Curriculum Vitae terbaru
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai 
  • Surat Keterangan Selesai Magang

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut. 

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, silahkan hubungi saya di +6281****

Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Anda pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan bagaimana saya akan menjadi aset bagi [nama Perusahaan].

Hormat saya,

 

(Nama Lengkap)

  1.     Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia untuk magang

Untuk kamu yang saat ini tengah mencari cara membuat cover letter untuk magang, simak contohnya di bawah ini.

Subjek email: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Marketing

Intern– Nama Kamu

Yang terhormat HRD (nama perusahaan),

Saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya untuk melamar sebagai Penghubung Pemasaran di perusahaan Anda.

Saya yakin bahwa gelar saya di Administrasi Bisnis jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ sesuai untuk posisi ini. Sebagai seorang pelajar, saya telah dilengkapi dengan ilmu dan keterampilan yang penting untuk bantu mengembangkan dan membuat strategi pemasaran yang efektif.

Selama 6 bulan saya magang di perusahaan ABC bagian pemasaran, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau jasa untuk dijual, bagaimana cara mencapai target demografis dengan analisis tools dan bagaimana merespons ancaman dari kompetitor. Saya  juga memiliki kesempatan untuk bekerja secara profesional dalam menerapkan konsep pemasaran dengan mudah dan tepat waktu. Saya juga mempelajari keterampilan yang mempermudah saya untuk bergabung dalam tim.

Pencapaian saya yang paling membanggakan selama magang ialah mengorganisir pemasaran gerilya untuk produk yang baru diluncurkan. Saya mengamankan sebuah tempat di Mal Perbelanjaan dan kami melaksanakan eksperimen sosial untuk memperkenalkan produk baru. Kami menerima respons yang luar biasa positif dari pembeli dan 50% dari pembeli akhirnya membeli produk kami saat itu.

Selain itu, peran aktif saya di banyak kegiatan akademis dan ekstrakurikuler juga telah banyak membantu dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan.

Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan resume saya sebagai pertimbangan Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk review surat lamaran saya.

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

(nama lengkap)

Demikian contoh cover letter Bahasa Indonesia yang bisa dijadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat.