Intisari COVID: Australia akan membuka kembali perbatasan untuk turis

Perdana Menteri Scott Morrison menantikan untuk “menyambut” turis yang divaksinasi penuh mulai 21 Februari. Di tempat lain, Vietnam berharap dapat menyambut siswa kembali ke sekolah setelah hampir satu tahun. Ikuti DW untuk yang terbaru.

Australia akan membuka kembali perbatasannya untuk turis yang divaksinasi penuh mulai 21 Februari, Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan pada hari Senin.

Hampir dua tahun telah berlalu sejak Morrison memutuskan untuk menutup perbatasan dengan Australia.” Setelah Pertemuan Menteri Keamanan Nasional, kata Morrison. Saya akan kembali ke Australia,” tambah Morison.

“Jika Anda divaksinasi ganda, kami berharap dapat menyambut Anda kembali ke Australia,” tambah Morrison.

Australia memberlakukan beberapa pembatasan COVID terberat di dunia sejak pandemi dimulai, dengan negara itu menutup perbatasan untuk pengunjung dan melarang warga Australia pergi sejak Maret 2020.

Baca Berita Menarik Lainnya di GenBerita.com

Tetapi aturan itu merugikan warga Australia yang terpisah dari keluarga, menghancurkan industri pariwisata, dan memicu perdebatan sengit tentang penanganan pandemi oleh pemerintah.

Perlahan-lahan, pemerintah melonggarkan beberapa aturan untuk mengizinkan beberapa orang, termasuk warga negara Australia, pelajar internasional, dan imigran terampil, masuk ke negara itu mulai November 2021.

Keputusan terbaru akan melihat sebagian besar pembatasan dicabut dan datang setelah negara itu meninggalkan kebijakan nol-COVID yang sudah lama ada. Pemerintah Morrison malah memilih strategi ‘push through’, mengesampingkan penguncian pemerintah dan pembatasan ketat menjelang pemilihan federal yang dijadwalkan sebelum Mei.

Australia mencatat 2,4 juta kasus sejak kasus pertama omicron terdeteksi November lalu. Ini pernah menjadi sistem lacak-dan-jejak bintang runtuh di bawah gelombang kasus baru. Infeksi melambat minggu lalu, dengan lebih dari 23.000 infeksi baru tercatat pada Senin, jauh lebih rendah dari 150.000 kasus yang tercatat sekitar sebulan lalu.

Jumlah kematian terkait COVID di Australia mencapai 4.248 sejak pandemi dimulai.