Macam-macam Penerbit Buku yang Perlu Anda Ketahui

 

Jika Anda memiliki karya yang ingin diterbitkan agar bisa dibeli dan dibaca oleh para pembaca, maka solusinya adalah dengan mencetak tulisan tersebut. Ada beberapa macam penerbit buku yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan ingin memilih jenis penerbit seperti apa yang akan menerbitkan karya.

Jenis-jenis Penerbit Buku

Setiap jenis penerbit biasanya memiliki kebijakan serta syarat dan ketentuan sendiri. Berikut ini beberapa jenis penerbit yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Penerbit Mayor

Jenis penerbit ini disebut mayor karena jangkauan marketnya hingga tingkat nasional. Buku-buku yang telah diterbitkan oleh penerbit mayor akan dipasarkan ke target pembeli secara nasional. Biasanya dalam satu kali cetak buku tersebut akan diterbitkan dalam jumlah besar.

Hasil cetakan buku akan didistribusikan ke toko-toko buku ternama yang telah tersebar ke seluruh pelosok negeri. Keuntungan yang diperoleh jika buku yang terjual best seller pun lebih besar. Namun, syarat agar bisa diterbitkan oleh penerbit mayor biasanya paling ketat karena memperhatikan selling point.

2. Penerbit Indie

Penerbit indie kini semakin banyak bermunculan dan memungkinkan para penulis untuk mencetak bukunya secara independen dan mandiri. Salah satu keuntungan menerbitkan buku di jenis penerbit ini adalah tidak harus melewati birokrasi dan seleksi ketat serta memiliki jaminan pasti untuk terbit.

Biasanya buku akan dicetak berdasarkan pre order atau permintaan dari pihak penulis dan pembaca. Harga untuk mencetak di penerbit indie lebih terjangkau bahkan bisa tanpa modal karena buku hanya akan dicetak berdasarkan pesanan.

3. Vanity Publisher

Jenis penerbit buku ini sebenarnya mirip dengan penerbit indie, hanya saja fasilitas yang diberikan cukup berbeda. Penerbit indie biasanya menyerahkan semua urusan terkait cover buku, layout, dan editing kepada penulis langsung. Sedangkan vanity publisher biasanya memberikan fasilitas berupa paket penerbitan.

Fasilitas yang diberikan mulai dari gratis layout, ISBN, dan desain cover. Bisa dibilang jenis penerbit ini lebih menguntungkan dari sisi penulis. Asalkan Anda bekerja sama dengan penyedia jasa cetak buku terpercaya.

Dengan mengetahui berbagai macam penerbit buku di atas, maka Anda bisa mempertimbangkan jenis penerbit seperti apa yang cocok untuk menerbitkan buku atau karya yang ditulis.