Manfaat dan Biaya Cek Lab Ibu Hamil di Klinik

 

Masa kehamilan merupakan salah satu masa yang paling rentan sehingga perlu dijaga dengan baik. Oleh karenanya, pengecekan lab pada ibu hamil menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Nah, saat ini sudah banyak klinik yang bisa menyelenggarakan pengecekan tersebut. Namun, biaya cek lab ibu hamil di klinik yang perlu dibayarkan?

Tentu, mengetahui biaya untuk pengecekan lab ibu hamil adalah hal yang sangat penting. Pengetahuan tentang hal ini akan membantu Anda melakukan persiapan yang baik sebelum pengecekan dilakukan.

Ragam Manfaat Cek Lab Ibu Hamil

Sebelum membahas tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk pengecekan ibu hamil di lab, ada beberapa manfaat dari pengecekan ini yang perlu diketahui. Tentu, dengan mengetahui manfaat tersebut nantinya Anda akan mendapatkan alasan kuat kenapa cek lab adalah suatu keharusan.

Beberapa manfaat cek lab bagi ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan masa kehamilan yang jauh lebih sehat dan bebas dari risiko yang membahayakan kehamilan, terutama untuk ibu hamil
  • Mencari tahu risiko secara genetis yang mungkin diturunkan dari ibu kepada janin yang ia kandung
  • Mencegah risiko obesitas yang mengancam ibu hamil selama masa kehamilannya
  • Mencegah masalah hipertensi, anemia dan juga beragam masalah kehamilan lainnya
  • Memperkecil risiko keguguran janin pada ibu hamil
  • Memperkecil potensi bayi yang terlahir cacat atau dengan kekurangan lainnya sejak ada di dalam kandungan
  • Mengurangi potensi kematian pada janin yang ada di dalam kandungan

Dari beberapa poin di atas, bisa dikatakan jika pengecekan ibu hamil di lab adalah hal yang perlu. Oleh karenanya, Anda sebagai ibu hamil sebaiknya mendapatkan pengecekan tersebut secara tepat dan juga lengkap.

Kapan Waktu Pengecekan Dilakukan?

Pengecekan kondisi ibu hamil di lab akan dilakukan beberapa kali. Minimal, pengecekan tersebut dilakukan sebanyak 3 kali di waktu yang berbeda, yaitu trimester pertama kehamilan, trimester kedua dan juga trimester ketiga.

Pada trimester pertama, pengecekan lab dilakukan untuk mendeteksi adanya beragam risiko yang berpotensi menjadi gangguan pada kehamilan. Sedangkan di trimester kedua, pengecekan dilakukan untuk mendeteksi gangguan gula atau diabetes yang mungkin menyerang dan pada trimester ketiga, pengecekan dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh saat ibu hamil hendak masuk waktu bersalin.

Biaya yang Diperlukan Untuk Pengecekan Lab Ibu Hamil

Bisa dikatakan jika biaya yang dikeluarkan untuk pengecekan lab pada ibu hamil berbeda-beda. Hal ini dikarenakan biaya pengecekan didasarkan pada komponen pemeriksaan yang dipilih oleh ibu hamil.

Tentu saja, dengan demikian, biaya cek lab ibu hamil di klinik nantinya bisa bertambah mahal jika ibu hamil mengambil lebih banyak komponen pengecekan untuk mengetahui kondisi kesehatan janin mereka serta tempat pengecekan yang dipilih. Nah, cek di sini untuk mengetahui biaya cek lab ibu hamil selengkapnya!

Deskripsi: biaya cek lab ibu hamil di klinik cenderung berbeda-beda. Hanya saja, pengecekan ini adalah hal penting guna mengetahui secara riil kondisi kesehatan ibu dan janin.