Materi Pelatihan ISO17025

ISO mungkin terdengar asing di telinga Anda. ISO 17025 merupakansertifikasi atau standar  akreditasi internasional untuk  sebuah perusahaan laboratorium. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda harus membaca artikel yang mengulas lengkap materi pelatihan ISO 17025.

Untuk mendapatkan pengakuan kompetensi, sebuah perusahaan harus menerapkan standar ISO 17025 versi terbaru. Dulunya, ada versi 2015 namun sekarang sudah mengalami upgrade ke 2017.

Saat sebuah perusahaan telah menerapkan ISO 17025 versi 2017 maka perusahaan ini akan ditetapkan sebagaiperusahaanyang kompeten oleh Komite Akreditasi Nasional.

Jika perusahaan sudah berstandar ISO 17025 maka hasildari perusahaanini akan lebih dipercaya masyarakat. Sebaliknya, jika perusahaan belum menerapkan standar ISO 17025akan kurang dipercaya pelanggan karena belum berstandar nasional.

Seperti yang diketahui, pengajuan akreditasi itu tidak mudah. Untuk mendapatkan akreditasi sebuah instansi harus benar-benar kompeten dulu.

Untuk perusahaan yang belum menerapkan standar ISO versi terbaru sebaiknya mengikuti pelatihan ISO 17025. Di lembaga-lembaga pelatihan Anda akan mendapatkan materi ISO 17025 sehingga perusahaan dan sumber daya manusianya akan lebih siap mengikuti tahapan akreditasi.

Sekarang telah tersedia banyak metode pelatihan atau training  ISOyang bisa Anda gunakan. Mulai dari pelatihan dalam jaringan hingga pelatihan tatap mukabisa Anda pilih sesuai keinginan.

1. Apa saja metode pelatihan yang tersedia?

  • Pelatihan melalui media video

Pilihan pertama ada pelatihan melalui media video. Pelatihan ini  merupakan pelatihan yang seluruh materinya dapat diakses menggunakan media video. Penyampaianmateri pelatihan ISO 17025dilakukan dengan ramah dan interaktif sehingga Anda akan nyaman saat menonton video.

Pelatihan melalui  video ini sangat menguntungkan bagi Anda karena bisa diakses dimana sajaAnda berada dan kapanpunsaat Anda memiliki waktu luang. Anda bisa menonton ulang video jika materi ISO yang disampaikan belum Anda pahami.

  • Pelatihan dengan tatap muka

Untuk Anda yang memiliki waktu lebih Anda bisa menggunakan pelatihan dengan metode tatap muka. Pelatihan dengan tatap muka berlangsung berdasarkan jadwal dan tempat yang telah ditentukan dan disepakati.

Kelebihan pelatihan dengan metode tatap muka ini Anda akan bertemu langsung dengan pemateri. Sehingga Anda bisa menanyakan langsung kepada pemateri jika ada materi yang kurang Anda pahami.

  • Pelatihan dalam jaringan

Pada masa pandemi Covid-19 ini metode pelatihan yang paling aman digunakan adalah pelatihan  online. Anda tidak perlu datangke tempat pemateri. Begitu juga sebaliknya, pemateri tidak perlu datang ke tempat Anda.

Anda bisa mengikuti pelatihan secara langsung namun dengan jarak jauh dan tanpa melakukan tatap muka. Dengan begitu Anda dan pemateri bisa saling menjaga kesehatan satu sama lain.

Pelatihan ISO 17025 metode dalam jaringanini menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, dan aplikasi lain yang mendukung pelatihan agar bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

  • Pelatihan panggilan

Pelatihan panggilan biasa disebut dengan in house training. Pemateri akan datang ke tempat yang ditentukan oleh Andapeserta pelatihan. Anda bisa memanggil pemateri kapan saja sesuai jadwal yang telah Anda tentukan.

Metode pelatihan panggilan ini cocok untuk perusahaan yang ingin belajar ISO dengan privat. Jadi peserta pelatihan ISO hanya berasal dari sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan itu sendiri tanpa orang luar.

2. Apakah materi yang disampaikan lengkap?

Materi pelatihan ISO 17025 akan disampaikan dengan mendalam, rinci, dan mudah dipahami. Mulai dari materi perbandingan ISO 17025 versi lama dan versi terbaru hingga materi persiapan upgrade ke versi terbaru atau 2017 tersedia di dalam materi. Anda tidak perlu khawatir karena materi yang disampaikan sangat lengkap.

3. Apa saja manfaat mengikuti pelatihan ISO 17025?

  • Seluruh sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan paham apa yang dimaksud dengan ISO.Pada dasarnya semua sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan harus mengetahui seberapa pentingnya ISO.
  • Seluruh sumber daya manusia yang bekerja dapat mengerti dan memahami jenis-jenis ISO dan perbedaannya.
  • Seluruh sumber daya manusia yang bekerja bisa mengetahui apa yang dibutuhkan untuk pengajuan ISO. Anda juga bisa berdiskusi dan membuat strategi agar pengajuan ISO perusahaan Anda berjalan lebih cepat.
  • Apabila sebuah perusahaan sudah mendapat sertifikasi ISO, konsumen akan memandang perusahaan layak dan berkualitas.
  • Saat perusahaan telah memiliki sertifikasi ISO, nama perusahaan akan naik dam melambung tinggi dimata pelanggan.

4. Keuntungan apa yang didapatkan setelah selesai mengikuti pelatihan?

  • Anda diberikan salinan materi berbentuk hardcopy dan softcopy. Jadi materi pelatihan ini bisa Anda gunakan diluar jam pelatihan.
  • Saat Anda memiliki salinan materi ini, Anda bisamenghemat banyak biaya. Anda bisa memberikan materi kepada karyawan generasi selanjutnya untuk belajar mengenai ISO 17025 tanpa perlu membayar biaya pelatihan.
  • Meskipun perusahaan sudah mendapat sertifikasi ISO, karyawan baru tetap harus belajar mengenai ISO. Mereka wajib mengetahui seberapa pentingnya ISO untuk sebuah perusahaan.

Jika suatu hari ISO mengalami upgrade lagimereka bisa sigap mengikuti perkembangan dan mempersiapkan syarat dan ketentuan ISO yang baru.

  • Anda dan semua peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat dari lembaga pelatihan. Sertifikat ini membuktikan bahwa Anda telah mengikuti dan memahami pelatihan ISO dengan baik.
  • Anda dan semua peserta pelatihan akan mendapatkan bimbingan terus menerus. Anda bisa memantau grup chat atau grup sosial media lain yang dimiliki lembaga pelatihan. Amda dan peserta lain dapat menghubungi kapan saja saat jam kerja.

5. Berapa besaran biaya pelatihan?

Biaya pelatihan ISO 17025 ini terhitung besar. Angkanya bisa mencapai lebih dari lima puluh juta rupiah. Namun untuk perusahaan besar jumlah ini mungkin tidak seberapa.

Jumlah ini juga sebanding dengan apa yang akan didapatkan oleh perusahaan nantinya. Meski mengeluarkan uang dalam jumlah banyak tetapi setelah mendapat sertifikasi ISO 17025 perusahaan akan mendapatkan omset yang lebih besar dari kepercayaan pelanggan.

Kesimpulannya, pelatihan ISO 17025 ini sangat penting untuk sebuah perusahaan. Jadi, perusahaan jangan ragu untuk mengikutsertakan karyawannya dalam mengikuti pelatihan ISO 17025. Pelatihan ini akan menguntungkan perusahaan karena materi pelatihan ISO 17025 sangat lengkap.