Tips Jitu Agar Klaim Asuransi Dapat Diterima dengan Mudah

Produk perlindungan seperti asuransi jiwa menawarkan banyak jenis yang bisa dipilih. Pemilihan produk terbaik tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dipunyai. Mulai dari perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perlindungan kendaraan, dan juga bisa memilih perlindungan properti yang dipunyai. Untuk mendapatkan manfaat perlindungan tersebut pastikan untuk memilih produk yang mengajukan klaimnya mudah sehingga akan diterima. Bagi yang ingin mendapatkan manfaat klaim dengan mudah, perhatikan dahulu beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengajukan klaim agar diterima seperti berikut ini:

1. Pilih pengajuan klaim secara online

Tips pertama mengajukan klaim agar mudah diterima adalah dengan memilih produk perlindungan yang menawarkan sistem online. Sehingga bisa untuk mengajukan pembelian hingga pengajuan klaim cukup secara online saja. Salah satu produk yang memberikan pengajuan klaim secara online adalah produk dari Astra. Berbagai produknya yang dapat dibeli di I Love Life Astra seperti Flexi Life, Flexi Health, iSport, dan juga Kado bisa dibeli dan mengajukan klaim 100% secara online. Hal ini akan lebih memudahkan agar dapat membuat pengajuan klaim diterima. Pemantauan pengajuan klaim tersebut juga bisa mudah karena bisa dilihat dari akun yang dipunyai di I Love Life.

2. Lengkapi syarat dokumen yang dibutuhkan

Tips selanjutnya yang bisa digunakan agar pengajuan klaim mudah diterima adalah dengan melengkapi syarat yang dipunyai. Pengajuan klaim membutuhkan pemegang polis untuk melengkapi persyaratan dan dokumen sesuai dengan jenis produk yang dipunyai. Untuk syarat bagi setiap manfaat yang diinginkan dari produk perlindungan yang sama juga mempunyai dokumen yang berbeda. Oleh karena itulah pastikan untuk mengetahui apa saja dokumen yang dibutuhkan sehingga dapat dikumpulkan. Pastikan juga dokumen tersebut lengkap dan diisi dengan benar. Karena apabila dokumen tidak lengkap maka tentunya akan dikembalikan karena berkas tidak lengkap. Sedangkan apabila dokumen klaim tidak diisi dengan benar bisa dikembalikan untuk diperbaiki terlebih dahulu atau ditolak.

3. Tidak terlibat dalam masalah hukum

Pengajuan klaim asuransi agar diterima juga perlu agar pengajuannya dilakukan untuk masalah yang tidak terlibat dengan hukum. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang menyebabkan pengajuan klaim akan langsung ditolak. Seperti misalnya bagi yang mengajukan klaim karena adanya tindak kejahatan di dalamnya, maka tentunya akan membuat klaim langsung ditolak dan tidak dapat diterima. Oleh karena itulah pastikan untuk mengajukan klaim yang tidak mempunyai unsur kejahatan dan masalah hukum di dalamnya agar klaim diterima.

4. Tidak termasuk dalam pengecualian

Klaim juga akan ditolak apabila termasuk dalam pengecualian. Pastikan untuk mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa saja pengecualian produk perlindungan yang dipunyai. Sehingga hal tersebut akan memudahkan untuk mengajukan klaim yang dilakukan. Misalnya saja beberapa jenis pengecualian adalah apabila berobat di rumah sakit yang bukan termasuk ke dalam rumah sakit rekanan dari produk yang dipunyai. Selain itu perlindungan jiwa akan menolak klaim karena tertanggung yang meninggal karena bunuh diri. Apabila tidak termasuk dalam pengecualian maka klaim tersebut akan mudah diterima.

5. Pengajuan dengan langkah yang tepat

Tips terakhir yang bisa digunakan agar klaim asuransi dapat diterima adalah untuk mengikuti langkah yang tepat. Setiap produk akan mempunyai langkah sendiri-sendiri tergantung dari jenis perlindungan dan juga perusahaan produk perlindungan yang dipunyai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengajukan klaim diterima adalah dari langkah yang tepat dan waktu pengajuan klaim agar tidak telat mengajukan klaim.