Tips Memilih Pinjaman Online Agar Terhindar Dari Penipuan

Kasus penipuan pinjol kini sedang marak terjadi di Indonesia. Kasus paling umum adalah modus yang dilakukan pinjol illegal, dengan cara menipu korbannya untuk membayar cicilan tak wajar. Edukasi tentang cara memilih pinjol terpercaya sangat dibutuhkan masyarakat.

Tips Memilih Pinjaman Online Agar Terhindar Dari Penipuan

Beredarnya penipuan pinjol membuat masyarakat harus waspada. Dimana tidak mempublikasikan data dirinya di berbagai media. Untuk meminimalisir risiko terjebak modus penipuan pinjol, ketahui cara memilih pinjol dengan benar pada pembahasannya berikut ini.

Pinjol Telah Terdaftar Resmi di OJK

Fintech pinjol yang aman adalah yang telah masuk dalam daftar pengawasan OJK. Pinjol yang resmi akan selalu menjalankan operasionalnya sesuai dengan regulasi dan ketentuan OJK. Untuk mengecek legalitas pinjol, anda bisa membuka website OJK atau WA ke nomor 081 157 157 157.

Menawarkan Pinjaman Tanpa Syarat yang Berat

Kebanyakan pinjol illegal tidak kira-kira saat menawarkan produk pinjamannya kepada nasabahnya. Contohnya tingkat bunga kredit yang cukup tinggi, dengan tenor yang singkat. Pinjol yang baik, akan menawarkan pinjaman yang tidak memberatkan calon peminjamnya.

Informasi Bunga Transparan

Pinjaman online adalah termasuk bagian dari jenis Fintech Indonesia. Dimana pinjol resmi akan memberikan informasi produk-produknya dan juga tingkat bunga secara transparan. Hal ini pun akan memudahkan calon peminjam dalam pengambilan keputusan kreditnya.

Terdapat Aplikasi dan Situs Web Resmi

Seringkali kita menemui salah satu modus pinjol illegal seperti mengirim sms dengan tautan yang tidak jelas. Sebagai pinjol yang resmi, pastinya dalam marketingnya dilakukan melalui website resmi, sosial media ataupun aplikasi yang dirilis secara resmi.

Adanya Layanan Customer Service

Setiap konsumen pasti akan merasakan suatu kendala dalam proses pinjamannya. Pinjol yang professional akan memiliki bagian khusus yang melayani konsumen, misalnya CS. Tidak seperti pinjol illegal yang sama sekali tidak mempedulikan kebutuhan konsumennya.

Itulah beberapa tips dalam memilih pinjaman online agar anda bisa terhindar dari penipuan pinjol illegal. Jika anda masih membutuhkan informasi seputar fintech lainnya, ikuti terus Dunia Fintech.