Tips SEO Paling Praktis Untuk Pemula Yang Wajib Dicoba

Sebagai pemilik website, anda tentu ingin berada di peringkat atas mesin pencari bukan? Kondisi ini pada dasarnya akan mudah diperoleh jika anda sudah menerapkan tips SEO (Search Engine Optimization) dengan baik. Bagi anda yang masih pemula, yuk intip beberapa tips dan trik berikut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tips Dan Trik Penerapan SEO Untuk Pemula

1. Kuasai Tools SEO

Google memiliki algoritma tertentu untuk menghadirkan artikel pada peringkat atas. Tak ayal jika anda perlu menguasai beberapa tools tertentu untuk memaksimalkan penggunaan SEO. Misalnya saja tools Google Search Console, Ahrefs, Google Analytics, Keyword Planner, Moz hingga Keywordtool.io.

Sayangnya, kebanyakan dari tools untuk belajar SEO seringkali dihadirkan secara tidak gratis. Untuk itu, anda disarankan untuk mengenali fungsi dari setiap tools tersebut agar bisa memilih penggunaan tool sesuai kebutuhan. Keyword Planner bahkan menjadi salah satu tools yang wajib dimiliki karena bisa dimanfaatkan untuk menyusun konten artikel dan menarik traffic.

2. Bangun Internal Link

Tips SEO selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membangun internal link. Lazimnya, cara ini bisa anda lakukan untuk mengaitkan satu halaman ke halaman lain dalam sesama website guna memahami konteks tertentu. Cara ini bahkan dapat memberikan keuntungan tersendiri karena google biasanya akan mengutamakan website yang memiliki internal link.

3. Tingkatkan Kecepatan Website

Anda juga perlu meningkatkan kecepatan website karena sangat mempengaruhi minat audiens dalam membuka website tertentu. Apalagi para pengunjung website seringkali membenci website dengan loading lambat sehingga akan ditinggalkan sebelum terbuka seutuhnya. Hal ini biasanya akan terjadi jika website membutuhkan loading lebih dari 3 detik.

4. Buat Konten Yang Menarik Dan Banyak Dibutuhkan

Selanjutnya, jangan lupa perhatikan konten artikel karena menjadi hal paling krusial ketika menggunakan SEO. Jika dijabarkan, seseorang umumnya akan menuliskan kata kunci pada mesin pencari. Hal ini akan dilanjutkan dengan pemilihan konten menarik dan lengkap guna menyelesaikan setiap pertanyaan dan masalah yang sedang dihadapi.

Untuk itu, penerapan tips SEO dalam penerapan konten perlu dilakukan guna memenuhi kebutuhan audiens. Anda bahkan bisa menggunakan judul tag, meta descriptions dan beberapa kata kunci tertentu agar website anda ditampilkan dalam posisi atas dalam halaman mesin pencarian.

5. Optimasi Gambar

Tips lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah optimasi gambar. Lazimnya, kebutuhan gambar ini sangat memudahkan audiens untuk memahami setiap konten yang disajikan. Namun anda perlu mengoptimasi gambar dengan baik untuk menyesuaikan ukuran gambar sesuai kebutuhan agar tidak mempengaruhi proses loading.

Penerapan tips dan trik SEO pada dasarnya gampang-gampang susah. Hal ini karena anda perlu mengikuti perkembangan algoritma Google agar menjadi yang terbaik dan bisa tampil pada halaman depan pencarian ketika dibutuhkan. Untuk itu, beberapa tips di atas dapat menjadi solusi alternatif bagi anda yang masih pemula. Buktikan sekarang juga!

Anda juga bisa menggunakan layanan dari vendor lain seperti jasa SEO jakarta WEBARQ yang sudah bantu beberapa website untuk berada di halaman pertama google.