Web Hosting : Apa Fungsi dan Perbedaannya Dengan Domain?

Untuk kamu yang seorang developer ataupun pengguna website, kamu tentunya mengenal apa yang dimaksud oleh web hosting. Ya, layanan penting yang selalu ada pada setiap website ini memiliki banyak sekali kegunaan untuk menjaga website milikmu tetap berjalan.

Lalu sebenarnya apa sih pengertian dari layanan ini dan bagaimana fungsi hosting yang dapat kamu gunakan?

Pengertian Web Hosting

Web hosting adalah sebuah hosting atau sering orang sebut sebagai “rumah” dari sebuah website. Nah, hosting ini tentunya menyediakan tempat-tempat tertentu seperti penyimpanan data yang berupa halaman situs atau website. Selain itu, pada layanan ini, tersimpan script PHP dan kode CSS yang gunanya untuk menghias halaman website tersebut.

Untuk itulah, semua orang yang mengakses hosting tertentu dari sebuah website dapat menerima data melalui layanan ini. Jumlah website baru yang terus menerus bertambah seperti sekaran ini menyebabkan layanan hosting menjadi incaran. Sudah banyak perusahaan-perusahaan penyedia layanan web hosting yang dapat kamu pakai dan gunakan untuk website pribadi kamu.

Perbedaan Domain dan Hosting

Namun sebelum mengetahui jenis layanan hosting yang mana yang ingin kamu gunakan, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan tentang domain dan hosting. Seperti yang kamu ketahui, domain juga salah satu bagian terpenting yang harus ada pada sebuah website yang fungsinya hampir sama dengan layanan hosting.

Domain dan hosting juga tidak bisa kamu pisahkan, karena keduanya memang esensi terpenting yang ada pada website kamu untuk membuat website tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Jika hosting adalah sebuah rumah yang memiliki ruang-ruang khusus seperti ruang penyimpanan data, dll. Maka Domain adalah alamat rumahnya.

Dengan domain, para pengunjung kamu dapat mengetahui dan mengakses website milikmu dengan satu ketukan. Contohnya : ketika kamu ingin memasuki sebuah website, pastinya kamu memasukkan sebuah alamat ataupun link pada kotak pencarian, bukan? Itu yang namanya domain.

Fungsi Web Hosting

Ketika kamu sudah mengetahui apa perbedaan mendasar antara domain dan layanan hosting, berikutnya kamu akan mempelajari apa-apa saja fungsi dari web hosting.

1. Membuat Halaman Website

Seperti yang terbilang sebelumnya, jika domain adalah alamat dari sebuah website maka hosting adalah rumahnya. Nah, maka dari itu fungsi dari web hosting pertama adalah membuat halaman website. Anda dapat menciptakan sebuah situs yang interaktif dengan para pemakai menggunakan layanan ini.

2. Pengembangan Situs Jual Beli Online

Akhir-akhir ini marak website situs jual beli atau situs bisnis beredar di internet. Tentunya hal tersebut akibat dari banyaknya keuntungan yang dapat kamu ambil dalam berjualan online.

Nah, untuk membuat bisnis lebih profesional lagi, kamu bisa memakai atau membuat website jual-beli online. Tentunya, agar bisa menjadi pilihan pertama yang tampil pada mesin pencarian, Anda harus menggunakan layanan web hosting untuk website Anda.

3. Email yang Professional

Berbicara tentang keprofesionalitasan, kamu juga dapat meningkatkan tingkat profesionalisme mu dengan layanan web hosting karena dengan memakai layanan ini maka kamu akan mendapatkan alamat email profesional.

Menggunakan email pribadi memang boleh-boleh saja, tapi ada baiknya, agar meningkatkan branding kamu menggunakan layanan email professional untuk mengirim pesan pada pelanggan atau subscriber.

Yuk, Gunakan Jasa Penyedia Layanan Hosting Terpercaya!

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang web hosting. Jika kamu ingin mencari perusahaan jasa yang menyediakan biaya jasa seo terjangkau, maka gunakanlah CV. Exito Bali sebagai Jasa Web Development, SEO dan Digital Online Marketing nomor 1 di Bali. Disini kamu juga bisa bebas konsultasi untuk pengambangan website, semoga berhasil!